Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini!

Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini! - Hallo sahabat Serbaneka , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini! , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis , Artikel bonnie soeherman , Artikel INSPIRASI , Artikel konsultan , Artikel Marketing , Artikel Motivasi , Artikel motivation , Artikel strategi , Artikel ubaya , Artikel universitas surabaya , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini!
link : Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini!

Baca juga


Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini!

pic: 4harmony
Beberapa bulan lalu, saya berbincang dengan salah seorang klien, owner usaha manufaktur besar. Menikmati hidangan ringan, perbincangan kami sampai pada topik personal. Singkat cerita dia bertanya santai, “Pak, bapak tau ngga, kenapa dulu saya akhirnya memutuskan berpartner dengan bapak?” Pertanyaan yang sulit dijawab. Mungkin melihat saya tampak berpikir keras, ia melanjutkan, “Awalnya ada calon partner konsultan lain yang beberapa kali datang. Sudah hampir deal, namun akhirnya saya memutuskan berpartner dengan bapak saja.” Alasannya, “Tim bapak bisa memahami apa yang saya mau”.
Saya sungguh belajar banyak dari pengalaman sederhana ini. Saya belajar bagaimana kemauan diri untuk mengerti memahami orang lain adalah hal yang penting. Saya tidak memiliki media marketing canggih, menjual gelar atau pengalaman. Saya hanya belajar mencoba mengerti, apa sih mau calon klien saya. Argumen saya juga sederhana, dokter idealnya harus menemukan akar penyebab rasa sakit sebelum memberi treatment atau obat untuk menyembuhkan penyakit. Tidak semua kepala pusing obatnya Panad**. Bisa jadi sakit kepala karena sakit hati. Setiap pribadi (klien) memiliki kompleksitas hidup yang berbeda.
Daniel Pink, mengungkap hasil penelitiannya di sebuah sekolah kedokteran Amerika. Ia menemukan bahwa rata-rata dokter akan mengakhiri konsultasi dengan pasien pada detik ke-23. Artinya, pekerjaannya akan sangat tergesa-gesa. Entah karena ramai pasien, kejar omset, atau memang tidak memiliki empati. Saya penasaran, bagaimana di Indonesia? 
Dibutuhkan pendekatan yang berbeda di dalam berkomunikasi untuk memahami setiap pribadi. Memang butuh effort lebih besar, waktu lebih banyak, dan beban pikiran yang lebih berat. Dalam psikologi, sederhananya kemauan dan kemampuan untuk memahami, bahkan hingga bergerak untuk orang lain dikenal dengan istilah empati. Sebuah sikap yang akhirnya menciptakan keselarasan pandangan, kesamaan cara pandang. Kata kunci utama yang dapat kita temukan disini adalah “kesamaan”. Kesamaan adalah pendorong empati dan empati pada akhirnya mendorong trust.
Berbagai pengalaman bertemu klien menjadi inspirasi terbaik bagi saya untuk menyelesaikan buku terakhir saya, EXIST OR EXTINCT. Secara khusus saya membahas faktor di pada Bab Mirror Tween. Faktor kesamaan merupakan faktor pembangun awareness yang cukup efektif sebab secara alami, manusia lebih menyukai manusia lain yang memiliki kesamaan dengannya. Sebaliknya, tanpa adanya empati, faktor kesamaan, sebuah komunikasi akan kering dan tidak menyenangkan. Tidak ada keputusan yang sepenuhnya rasional. Keputusan manusia lebih sering dikendalikan faktor irasional. 
Mungkin salah satu kegagalan kita selama ini bukan karena produk/ tawaran kita tidak berkualitas, namun lebih pada karena belum dibutuhkan konsumen. Kita terlalu sibuk menjelaskan fitur dan kehebatan produk kita tanpa memahami apa kebutuhan konsumen dan kita menganggap pola pikir calon konsumen sama dengan pola pikir kita.
Empati yang menimbulkan rasa nyaman, cocok, dan percaya adalah kunci dasar pencipta hubungan baik yang sangat berarti bagi stakeholder anda. Nyaman, ada kecocokan, dan saling percaya akan menjadi value yang tidak mudah tergantikan. 

Semoga bermanfaat! 


Demikianlah Artikel Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini!

Sekianlah artikel Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kesulitan Deal dengan Klien? Baca ini! dengan alamat link http://1001serbaneka.blogspot.com/2016/12/kesulitan-deal-dengan-klien-baca-ini.html