Judul : 4F Pemicu Sukses Online Shop
link : 4F Pemicu Sukses Online Shop
4F Pemicu Sukses Online Shop
Katanya, bisnis toko online sangat menjanjikan. Minim investasi awal, minim risiko, dan memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Contohnya, sebagian besar kaum hawa yang berbisnis online menjalankan dagangannya sambil mengasuh buah hati. Mereka tidak perlu stok barang karena kemudahan sistem drop ship. Mereka menunggu pelunasan baru melakukan pengiriman barang. Dalam sebulan penjual rumahan bisa meraup omset dari puluhan hingga ratusan juta.
Prospek demikian terus mendorong tumbuhpesatnya toko online. Ratusan toko online baru lahir di Indonesia setiap hari. Keramaian ini memicu tantangan baru. Pasar yang terlalu sesak menjadikan persaingan yang makin keras. Banyak pendatang baru yang gelar tikar, banyak pula yang gulung tikar. Kesalahan penentuan harga, respon, dan layanan segera memaksa toko online tutup. Akhirnya, hukum alam berlaku, siapa yang paling siap berinovasi, dia yang bertahan.
Kebetulan saya adalah penggemar action figure sekaligus salah satu pembelanja online yang cukup intens mencari seller dan bertransaksi. Saya telah berinteraksi lebih dari 20 toko hingga mengerucut menjadi tidak lebih dari 3 toko saja yang saya jadikan langganan. Ada 4 hal yang pada akhirnya memutuskan tali transaksi saya dengan belasan toko lainnya. 4 hal yang sederhana namun memberi dampak yang luar biasa seperti hukum yang berlaku bagi setiap toko online.
1. Fantastic Product Offering
Pilihan produk lengkap, bahkan menjual barang-barang rare (tidak pasaran) adalah salah satu daya tarik sebuah toko. Buyer online seringkali membeli lebih dari 1 item sekaligus dan lebih suka membeli pada 1 toko yang sama. Bukan hanya masalah ribet harus transfer ke beberapa toko, namun juga ongkir yang harus ditanggung beberapa kali juga. Menariknya, saat ini banyak toko-toko yang sudah membantu buyer untuk mendapat produk impor terbaru dengan fasilitas PO (Pre Order).
2. Fair Price
Sebagian besar pembeli (baru) cukup price sensitive. Beda Rp.5.000,- bisa ke lain hati. Dengan barang yang sama, harga akan menjadi sangat bersaing. Persaingan harga tidak hanya terjadi diantara toko online nasional, namun telah menjadi persaingan dunia. Kita bersaing dengan toko-toko di Ebay, bahkan Amazon. Sebelum membeli barang yang material, saya selalu melakukan survey menjelajah marketplace untuk mencari harga pembanding. Dan ada kalanya membeli barang pada seller luar negeri ternyata lebih murah (sudah termasuk ongkir) daripada seller lokal.
3. Friendly Service
Normalnya, dilayani dengan baik adalah harapan setiap konsumen. Tidak ada orang yang suka dicuekin atau diperlakukan ketus. Sudah menjadi kebiasaan sebagian besar seller yang ramai, supersibuk sehingga merespon buyer dengan sangat singkat dan kadangkala tidak jelas maksudnya. Begitu ditanya kembali, jawabnya tidak cukup ramah. Tidak cukup mengandalkan profesionalisme dan etika bisnis. Seller yang disukai adalah mereka yang paham kekuatan membangun dan menjaga sebuah hubungan karena mereka berhadapan dengan manusia, bukan mesin.
4. Fast Respon
Respon cepat merupakan faktor utama dalam bisnis online, mulai dari prospek hingga proses pembayaran dan pengiriman. Sangat alami calon buyer ingin segera mendapat respon, membayar, dan memegang barang pesanannya. Kemampuan memberi respon cepat adalah kekuatan bersaing sebuah toko online. Makin lambat respon diberikan, makin besar pula kekhawatiran calon buyer atas kredibilitas toko, dan pada akhirnya makin banyak pula alternatif seller yang ia temukan. Buyer dapat saja menghubungi seller pada jam-jam yang sulit diprediksi. Kadang waktu jam istirahat kantor, kadang larut malam. Dan inilah tantangan tanggungjawab besar ketika kita memutuskan berbisnis online yang tidak mengenal waktu istirahat.
Semoga bermanfaat!
Prospek demikian terus mendorong tumbuhpesatnya toko online. Ratusan toko online baru lahir di Indonesia setiap hari. Keramaian ini memicu tantangan baru. Pasar yang terlalu sesak menjadikan persaingan yang makin keras. Banyak pendatang baru yang gelar tikar, banyak pula yang gulung tikar. Kesalahan penentuan harga, respon, dan layanan segera memaksa toko online tutup. Akhirnya, hukum alam berlaku, siapa yang paling siap berinovasi, dia yang bertahan.
Kebetulan saya adalah penggemar action figure sekaligus salah satu pembelanja online yang cukup intens mencari seller dan bertransaksi. Saya telah berinteraksi lebih dari 20 toko hingga mengerucut menjadi tidak lebih dari 3 toko saja yang saya jadikan langganan. Ada 4 hal yang pada akhirnya memutuskan tali transaksi saya dengan belasan toko lainnya. 4 hal yang sederhana namun memberi dampak yang luar biasa seperti hukum yang berlaku bagi setiap toko online.
1. Fantastic Product Offering
Pilihan produk lengkap, bahkan menjual barang-barang rare (tidak pasaran) adalah salah satu daya tarik sebuah toko. Buyer online seringkali membeli lebih dari 1 item sekaligus dan lebih suka membeli pada 1 toko yang sama. Bukan hanya masalah ribet harus transfer ke beberapa toko, namun juga ongkir yang harus ditanggung beberapa kali juga. Menariknya, saat ini banyak toko-toko yang sudah membantu buyer untuk mendapat produk impor terbaru dengan fasilitas PO (Pre Order).
2. Fair Price
Sebagian besar pembeli (baru) cukup price sensitive. Beda Rp.5.000,- bisa ke lain hati. Dengan barang yang sama, harga akan menjadi sangat bersaing. Persaingan harga tidak hanya terjadi diantara toko online nasional, namun telah menjadi persaingan dunia. Kita bersaing dengan toko-toko di Ebay, bahkan Amazon. Sebelum membeli barang yang material, saya selalu melakukan survey menjelajah marketplace untuk mencari harga pembanding. Dan ada kalanya membeli barang pada seller luar negeri ternyata lebih murah (sudah termasuk ongkir) daripada seller lokal.
3. Friendly Service
Normalnya, dilayani dengan baik adalah harapan setiap konsumen. Tidak ada orang yang suka dicuekin atau diperlakukan ketus. Sudah menjadi kebiasaan sebagian besar seller yang ramai, supersibuk sehingga merespon buyer dengan sangat singkat dan kadangkala tidak jelas maksudnya. Begitu ditanya kembali, jawabnya tidak cukup ramah. Tidak cukup mengandalkan profesionalisme dan etika bisnis. Seller yang disukai adalah mereka yang paham kekuatan membangun dan menjaga sebuah hubungan karena mereka berhadapan dengan manusia, bukan mesin.
4. Fast Respon
Respon cepat merupakan faktor utama dalam bisnis online, mulai dari prospek hingga proses pembayaran dan pengiriman. Sangat alami calon buyer ingin segera mendapat respon, membayar, dan memegang barang pesanannya. Kemampuan memberi respon cepat adalah kekuatan bersaing sebuah toko online. Makin lambat respon diberikan, makin besar pula kekhawatiran calon buyer atas kredibilitas toko, dan pada akhirnya makin banyak pula alternatif seller yang ia temukan. Buyer dapat saja menghubungi seller pada jam-jam yang sulit diprediksi. Kadang waktu jam istirahat kantor, kadang larut malam. Dan inilah tantangan tanggungjawab besar ketika kita memutuskan berbisnis online yang tidak mengenal waktu istirahat.
Semoga bermanfaat!
Demikianlah Artikel 4F Pemicu Sukses Online Shop
Sekianlah artikel
4F Pemicu Sukses Online Shop
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 4F Pemicu Sukses Online Shop dengan alamat link http://1001serbaneka.blogspot.com/2014/11/4f-pemicu-sukses-online-shop.html